202/TUGAS MPI KE 2-RAHMAH YULIANTI-18010178
E-commerce Lazada
A. Tentang Lazada
Diluncurkan pada tahun 2012, Lazada merupakan destinasi belanja dan berjualan online nomor satu di Asia Tenggara – hadir di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Sebagai pelopor ekosistem eCommerce di Asia Tenggara, melalui platform marketplace yang didukung oleh berbagai macam layanan pemasaran yang unik, layanan data, dan layanan jasa lain, Lazada telah membantu lebih dari 135.000 penjual lokal dan internasional, serta 3.000 brand untuk melayani 560 juta konsumen di kawasan Asia Tenggara. Dengan lebih dari 300 juta SKU yang tersedia, Lazada menawarkan variasi produk dalam berbagai kategori mulai dari barang elektronik hingga barang keperluan rumah tangga, mainan, fashion, perlengkapan olahraga dan kebutuhan sehari-hari. Sebagai bentuk komitmen Lazada untuk mengedepankan pengalaman berbelanja online yang menyenangkan bagi para konsumen, Lazada menghadirkan berbagai metode pembayaran, termasuk cash-on-delivery (COD), pelayanan konsumen yang menyeluruh, dan layanan pengembalian barang yang mudah melalui jasa pengiriman first dan last mile milik Lazada, dan juga dengan lebih dari 100 mitra logistiknya. Kepemilikan saham mayoritas Lazada group dimiliki oleh Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA).
Lazada adalah pusat belanja online serba ada yang menawarkan berbagai produk terlengkap dan terpercaya di Indonesia. memenuhi segala kebutuhan dengan menawarkan berbagai pilihan produk dari segala kategori, mulai dari elektronik, komputer, laptop, tablet, kamera, furnitur, mainan dan peralatan anak-anak, buku, alat olahraga, produk kecantikan, dan lain- lain. Temukan kemudahan berbelanja dengan produk- produk dari merk ternama, baik lokal maupun internasional di Lazada.co.id.
Lazada.co.id selalu mengikuti perkembangan produk- produk terbaru dari berbagai kategori. Dengan fasilitas pre-order, Memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang diinginkan. Berbagai diskon dengan potongan harga termurah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik. Informasi mengenai segala produk yang diinginkan juga bisa didapatkan dengan mudah di website untuk kenyamanan berbelanja.
Saat ini Lazada.co.id sudah menggandeng merk ternama seperti Acer, Apple, Asus, Blackberry, Canon, Dell, HP, HTC, LG, Nikon, Nokia, Panasonic, Samsung, Sony, Toshiba, dan masih banyak lagi. Lengkapi segala kebutuhan Anda hanya di Lazada.co.id.
Lazada adalah perusahaan e-commerce swasta Singapura yang didirikan oleh Rocket Internet pada tahun 2011. Website e- commerce Lazada telah launching pada bulan Maret tahun 2012 di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Situs Lazada Grup, beroperasi diIndonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, dan telah mengangkat sekitar US $ 647.000.000 selama beberapa putaran investasi dari investor seperti Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, JPMorgan Chase, investasi AB Kinnevik dan Internet Rocket. Pada Maret 2016 Lazada mengklaim itu mencatat total senilai $ 1,36 miliar tahunan di enam pasar di Asia, menjadikannya pemain e-commerce terbesar.
Lazada adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari Elektronik, Fashion Wanita, Fashion Pria, Peralatan Rumah Tangga, Kesehatan & Kecantikan, Bayi & Mainan Anak, Olahraga & Travel, Groceries (Grosir), Otomotif & Media. 84 Selainlewat alamat web Lazada juga dapat diakses melalui aplikasi mobile di smartphone seperti android dan IOS. Sesuai dengan tagline Effortless Shopping, Lazada Indonesia menyedikan website berbelanja online yaitu www.lazada.co.id. Lazada menjamin kenyamanan konsumen ketika konsumen browsing produk yang sedang dicari dan juga menjamin opsi pembayaran yang aman. Pilihan pembayaran Lazada termasuk kartu kredit, cash on delivery, Bank transfer, Mobile banking dan bahkan melalui layanan pembayaran online seperti halnya HelloPay. Bahkan, pada aplikasinya Lazada memiliki promo sendiri yang berbeda dari Lazada versi desktop. 85
2. Produk Lazada
Produk yang dijual di Lazada bermacam jenisnya dan mungkin membutuhkan waktu yang berbeda untuk pemrosesan dan pengiriman. Pada halaman produk, konsumen dapat mengetahui informasi lebih tentang produk dengan membaca semua informasi, seperti ukuran produk, masa garansi, nama produsen, dan lainnya di bawah tab "detail produk" dan "spesifikasi".
Konsumen dapat memeriksa garansi produk melalui: Kartu garansi di dalam paket konsumen dan Dibawah tab spesifikasi di halaman produk. Untuk memperbaiki produk “konsumen dapat langsung menghubungi atau mengirim produk ke pusat garansi sesuai dengan alamat yang tertera di kartu garansi. Konsumen juga dapat melihat pusat garansi di peta Lazada pada alamat
www.lazada.co.id/servicecenter.
3. Pemesanan dan Pembayaran
Untuk petunjuk lengkap cara pemesanan barang di Lazada terdapat pada alamat situs www.lazada.co.id/how-to-buy. Setelah memesan dan konfirmasi pembayaran Lazada akan menginformasikan status pesanan terkini melalui email dan/atau SMS. Konsumen dapat melakukan pengecekan status pesanan pada link berikut http://www.lazada.co.id/order-tracking/.
Lazada dapat membantu konsumen untuk membuat pesanan konsumen melalui telpon jika konsumen menginginkan metode pembayaran bayar di tempat (COD). Untuk menghapus item dalam keranjang belanja konsumen, konsumen dapat meng-“klik” pada logo belanja di bagian atas halaman Lazada untuk menuju keranjang belanja konsumen kemudian klik pada “Hapus Item”.
4. Pengiriman
a. Pengiriman Pesanan, berikut adalah pilihan pengiriman yang tersedia:
Disaat pembelian barang,Lazada akan memberikan keterangan tanggal berapa barang akan sampai. Kurir Lazada tidak dapat mengirimkan produk pesanan pada hari Sabtu & Minggu serta hari libur Nasional. Lazada tidak dapat mempercepat proses pengiriman. Estimasi pengiriman tergantung dari Supplier/Merchant serta wilayah alamat pengiriman Konsumen.
Lazada akan berusaha untuk memenuhi permintaan pembatalan Konsumen, jika pesanan telah masuk proses pengiriman dengan menindak lanjuti ke pihak terkait. Untuk
permintaan pembatalan, menghubungi Customer Service Lazada di http://www.lazada.co.id/contact/. Khusus untuk produk internasional, jika pesanan telah masuk proses pengiriman maka produk pesanan tidak dapat dibatalkan.
b. Biaya Pengiriman
Ongkos kirim akan dihitung berdasarkan berat produk sesuai kriteria yang telah ditetapkan oleh jasa kurir yang bekerja sama dengan Lazada dan berdasarkan lokasi pengiriman pesanan. Lazada menawarkan layanan pengiriman gratis untuk wilayah tertentuuntuk berat produk dibawah 7 Kg dan total order minimal Rp. 30.000,-. Mengenai wilayah cakupan gratis biaya pengiriman dapat dilihat pada alamat website di www.lazada.co.id/shipping. Konsumen dapat melacak pesanan konsumen selama 24 jam/7 hari dengan mengikuti langkah-langkah berikut buka www.lazada.co.id/order- tracking dan masukkan nomor pesanan dan email konsumen, lalu tekan "Periksa sekarang" untuk memproses Konsumen juga dapat dengan cukup klik "Status Order" di bagian atas halaman Lazada, masukkan nomor pesanan dan email Konsumen, kemudian tekan "Lihat" untuk memeriksa status pesanan Konsumen.
B. Analisis SWOT pada Lazada
• Strengths (Kelebihan) :
1. Jangkauan global
2. Pengurangan biaya operasi
3. Perbaikan rantai pasokan
4. Kecepatan menjangkau pasar
5. Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
6. Efisiensi pengadaan produk
7. Meningkatkan hubungan dengan konsumen
8. Informasi yang up-to-date
9. Sistem Pembayaran yang memberi kemudahan
10. Berjalan Otomatis
11. Biaya Promosi Kecil
12. Berbasis data dan email sehingga lebih terorganisir.
• Weaknesses (Kekurangan) :
Karena mudah dijalankan, maka menjadi sangat mudah bagi siapa saja untuk mmelakukan dan bersaing dengan cara promosi iklan produk dan jasa yang serupa, sehingga menimbulkan Kompetisi yang tinggi. Selain itu ada beberapa kelemahan lain, diantaranya :
1. Keamanan
2. Kepercayaan dan resiko
3. SDM
4. Model bisnis
5. Budaya masyarakat yang masih cenderung memilih pasar konvensional
6. Penipuan
7. Akses Internet yang lambat
8. Permasalahan hukum/legalitas
9. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
10. Ukuran/ Size yang tak sama ( pakaian )
11. Tidak bisa Memegang & Mencoba produk
12. Pasar Seluruh Dunia Tapi Terbatas Pada Pengguna Internet
13. Sistem Pembayaran yang masih seidikit rumit (bagi yang gaptek )
• Opportunities (Peluang) :
Bisnis online ini memiliki peluang yang sangat bagus.karena bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja dimana saja dan kapan saja.Apalagi bagi orang-orang yang tidak ingin banyak meniggalkan keluarganya hanya untuk bekerja diluar rumah.adapun yang lainnya adalah :
1. Bisa diakses dimana saja –kapan saja
2. Lebih banyak pilihan produk dan jasa
3. Harga lebih murah
4. Pengiriman/pe-nyampaian segera
5. Ketersediaan informasi
6. Kesempatan berpartisipasi
7. Wahana komunitas elektronik
8. Personalisasi
9. Tidak dikenai pajak penjualan
• Threats (Ancaman )
Berbagai bisnis apapun pasti memiliki ancaman yang akan dihadapi kedepannya termasuk bisnis online ini.Ancaman berbisnis online antara lain datang dari orang orang yang hanya iseng,jasa pengiriman,dalam soal pembayaran dan lain-lain.
Persaingan dengan situs jual beli lain yang serupa
Apabila tidak ada program dan inovasi akan tertinggal oleh ditus jual beli ysng lain
Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat
A. Tentang Lazada
Diluncurkan pada tahun 2012, Lazada merupakan destinasi belanja dan berjualan online nomor satu di Asia Tenggara – hadir di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Sebagai pelopor ekosistem eCommerce di Asia Tenggara, melalui platform marketplace yang didukung oleh berbagai macam layanan pemasaran yang unik, layanan data, dan layanan jasa lain, Lazada telah membantu lebih dari 135.000 penjual lokal dan internasional, serta 3.000 brand untuk melayani 560 juta konsumen di kawasan Asia Tenggara. Dengan lebih dari 300 juta SKU yang tersedia, Lazada menawarkan variasi produk dalam berbagai kategori mulai dari barang elektronik hingga barang keperluan rumah tangga, mainan, fashion, perlengkapan olahraga dan kebutuhan sehari-hari. Sebagai bentuk komitmen Lazada untuk mengedepankan pengalaman berbelanja online yang menyenangkan bagi para konsumen, Lazada menghadirkan berbagai metode pembayaran, termasuk cash-on-delivery (COD), pelayanan konsumen yang menyeluruh, dan layanan pengembalian barang yang mudah melalui jasa pengiriman first dan last mile milik Lazada, dan juga dengan lebih dari 100 mitra logistiknya. Kepemilikan saham mayoritas Lazada group dimiliki oleh Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA).
Lazada adalah pusat belanja online serba ada yang menawarkan berbagai produk terlengkap dan terpercaya di Indonesia. memenuhi segala kebutuhan dengan menawarkan berbagai pilihan produk dari segala kategori, mulai dari elektronik, komputer, laptop, tablet, kamera, furnitur, mainan dan peralatan anak-anak, buku, alat olahraga, produk kecantikan, dan lain- lain. Temukan kemudahan berbelanja dengan produk- produk dari merk ternama, baik lokal maupun internasional di Lazada.co.id.
Lazada.co.id selalu mengikuti perkembangan produk- produk terbaru dari berbagai kategori. Dengan fasilitas pre-order, Memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang diinginkan. Berbagai diskon dengan potongan harga termurah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik. Informasi mengenai segala produk yang diinginkan juga bisa didapatkan dengan mudah di website untuk kenyamanan berbelanja.
Saat ini Lazada.co.id sudah menggandeng merk ternama seperti Acer, Apple, Asus, Blackberry, Canon, Dell, HP, HTC, LG, Nikon, Nokia, Panasonic, Samsung, Sony, Toshiba, dan masih banyak lagi. Lengkapi segala kebutuhan Anda hanya di Lazada.co.id.
Lazada adalah perusahaan e-commerce swasta Singapura yang didirikan oleh Rocket Internet pada tahun 2011. Website e- commerce Lazada telah launching pada bulan Maret tahun 2012 di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Situs Lazada Grup, beroperasi diIndonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, dan telah mengangkat sekitar US $ 647.000.000 selama beberapa putaran investasi dari investor seperti Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, JPMorgan Chase, investasi AB Kinnevik dan Internet Rocket. Pada Maret 2016 Lazada mengklaim itu mencatat total senilai $ 1,36 miliar tahunan di enam pasar di Asia, menjadikannya pemain e-commerce terbesar.
Lazada adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari Elektronik, Fashion Wanita, Fashion Pria, Peralatan Rumah Tangga, Kesehatan & Kecantikan, Bayi & Mainan Anak, Olahraga & Travel, Groceries (Grosir), Otomotif & Media. 84 Selainlewat alamat web Lazada juga dapat diakses melalui aplikasi mobile di smartphone seperti android dan IOS. Sesuai dengan tagline Effortless Shopping, Lazada Indonesia menyedikan website berbelanja online yaitu www.lazada.co.id. Lazada menjamin kenyamanan konsumen ketika konsumen browsing produk yang sedang dicari dan juga menjamin opsi pembayaran yang aman. Pilihan pembayaran Lazada termasuk kartu kredit, cash on delivery, Bank transfer, Mobile banking dan bahkan melalui layanan pembayaran online seperti halnya HelloPay. Bahkan, pada aplikasinya Lazada memiliki promo sendiri yang berbeda dari Lazada versi desktop. 85
2. Produk Lazada
Produk yang dijual di Lazada bermacam jenisnya dan mungkin membutuhkan waktu yang berbeda untuk pemrosesan dan pengiriman. Pada halaman produk, konsumen dapat mengetahui informasi lebih tentang produk dengan membaca semua informasi, seperti ukuran produk, masa garansi, nama produsen, dan lainnya di bawah tab "detail produk" dan "spesifikasi".
Konsumen dapat memeriksa garansi produk melalui: Kartu garansi di dalam paket konsumen dan Dibawah tab spesifikasi di halaman produk. Untuk memperbaiki produk “konsumen dapat langsung menghubungi atau mengirim produk ke pusat garansi sesuai dengan alamat yang tertera di kartu garansi. Konsumen juga dapat melihat pusat garansi di peta Lazada pada alamat
www.lazada.co.id/servicecenter.
3. Pemesanan dan Pembayaran
Untuk petunjuk lengkap cara pemesanan barang di Lazada terdapat pada alamat situs www.lazada.co.id/how-to-buy. Setelah memesan dan konfirmasi pembayaran Lazada akan menginformasikan status pesanan terkini melalui email dan/atau SMS. Konsumen dapat melakukan pengecekan status pesanan pada link berikut http://www.lazada.co.id/order-tracking/.
Lazada dapat membantu konsumen untuk membuat pesanan konsumen melalui telpon jika konsumen menginginkan metode pembayaran bayar di tempat (COD). Untuk menghapus item dalam keranjang belanja konsumen, konsumen dapat meng-“klik” pada logo belanja di bagian atas halaman Lazada untuk menuju keranjang belanja konsumen kemudian klik pada “Hapus Item”.
4. Pengiriman
a. Pengiriman Pesanan, berikut adalah pilihan pengiriman yang tersedia:
Disaat pembelian barang,Lazada akan memberikan keterangan tanggal berapa barang akan sampai. Kurir Lazada tidak dapat mengirimkan produk pesanan pada hari Sabtu & Minggu serta hari libur Nasional. Lazada tidak dapat mempercepat proses pengiriman. Estimasi pengiriman tergantung dari Supplier/Merchant serta wilayah alamat pengiriman Konsumen.
Lazada akan berusaha untuk memenuhi permintaan pembatalan Konsumen, jika pesanan telah masuk proses pengiriman dengan menindak lanjuti ke pihak terkait. Untuk
permintaan pembatalan, menghubungi Customer Service Lazada di http://www.lazada.co.id/contact/. Khusus untuk produk internasional, jika pesanan telah masuk proses pengiriman maka produk pesanan tidak dapat dibatalkan.
b. Biaya Pengiriman
Ongkos kirim akan dihitung berdasarkan berat produk sesuai kriteria yang telah ditetapkan oleh jasa kurir yang bekerja sama dengan Lazada dan berdasarkan lokasi pengiriman pesanan. Lazada menawarkan layanan pengiriman gratis untuk wilayah tertentuuntuk berat produk dibawah 7 Kg dan total order minimal Rp. 30.000,-. Mengenai wilayah cakupan gratis biaya pengiriman dapat dilihat pada alamat website di www.lazada.co.id/shipping. Konsumen dapat melacak pesanan konsumen selama 24 jam/7 hari dengan mengikuti langkah-langkah berikut buka www.lazada.co.id/order- tracking dan masukkan nomor pesanan dan email konsumen, lalu tekan "Periksa sekarang" untuk memproses Konsumen juga dapat dengan cukup klik "Status Order" di bagian atas halaman Lazada, masukkan nomor pesanan dan email Konsumen, kemudian tekan "Lihat" untuk memeriksa status pesanan Konsumen.
B. Analisis SWOT pada Lazada
• Strengths (Kelebihan) :
1. Jangkauan global
2. Pengurangan biaya operasi
3. Perbaikan rantai pasokan
4. Kecepatan menjangkau pasar
5. Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
6. Efisiensi pengadaan produk
7. Meningkatkan hubungan dengan konsumen
8. Informasi yang up-to-date
9. Sistem Pembayaran yang memberi kemudahan
10. Berjalan Otomatis
11. Biaya Promosi Kecil
12. Berbasis data dan email sehingga lebih terorganisir.
• Weaknesses (Kekurangan) :
Karena mudah dijalankan, maka menjadi sangat mudah bagi siapa saja untuk mmelakukan dan bersaing dengan cara promosi iklan produk dan jasa yang serupa, sehingga menimbulkan Kompetisi yang tinggi. Selain itu ada beberapa kelemahan lain, diantaranya :
1. Keamanan
2. Kepercayaan dan resiko
3. SDM
4. Model bisnis
5. Budaya masyarakat yang masih cenderung memilih pasar konvensional
6. Penipuan
7. Akses Internet yang lambat
8. Permasalahan hukum/legalitas
9. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
10. Ukuran/ Size yang tak sama ( pakaian )
11. Tidak bisa Memegang & Mencoba produk
12. Pasar Seluruh Dunia Tapi Terbatas Pada Pengguna Internet
13. Sistem Pembayaran yang masih seidikit rumit (bagi yang gaptek )
• Opportunities (Peluang) :
Bisnis online ini memiliki peluang yang sangat bagus.karena bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja dimana saja dan kapan saja.Apalagi bagi orang-orang yang tidak ingin banyak meniggalkan keluarganya hanya untuk bekerja diluar rumah.adapun yang lainnya adalah :
1. Bisa diakses dimana saja –kapan saja
2. Lebih banyak pilihan produk dan jasa
3. Harga lebih murah
4. Pengiriman/pe-nyampaian segera
5. Ketersediaan informasi
6. Kesempatan berpartisipasi
7. Wahana komunitas elektronik
8. Personalisasi
9. Tidak dikenai pajak penjualan
• Threats (Ancaman )
Berbagai bisnis apapun pasti memiliki ancaman yang akan dihadapi kedepannya termasuk bisnis online ini.Ancaman berbisnis online antara lain datang dari orang orang yang hanya iseng,jasa pengiriman,dalam soal pembayaran dan lain-lain.
Persaingan dengan situs jual beli lain yang serupa
Apabila tidak ada program dan inovasi akan tertinggal oleh ditus jual beli ysng lain
Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat
Komentar
Posting Komentar